Hallo Moms..selamat datang di Blog Milis Ibu-Ibu Chevron Duri

Senin, 10 November 2008

Forum Untuk Ibu, Berbagi Ilmu

Apakah sulit menjadi seorang Ibu? Mungkin tidak bagi anda, tapi bagi sekelompok ibu yang berkumpul di rumah mba Wita Hendardijati, hari Senin 10 November 2008 pagi kemarin, menjadi ibu sungguh tidak mudah.

Bukan saja karena makin banyaknya sumber dan makin mudahnya akses informasi yang kadang malah membingungkan. Banyak di antara kita yang tidak pernah mempelajari keahlian yang dibutuhkan seorang ibu sebelumnya.Sistem pendidikan yang berorientasi akademis dan teknis lupa memasukkan nilai-nilai yang perlu dipelajari saat kita harus menekuni karir hidup sesungguhnya, yaitu karir sebagai orang tua. Menjadi ibu dianggap sesuatu yang bisa dilakukan dengan sendirinya, dituntun oleh naluri.

Menghadapi berbagai masalah anak, orang tua, khususnya Ibu seringkali bingung. Pusing.. pusing.. apa lagi nih yang bisa dilakukan. Semua ilmu yang pernah dibaca atau dipelajari seakan hilang saat dihadapkan pada emosi yang kian bergejolak saat berhadapan dengan sikap atau perilaku anak yang tidak diinginkan. Padahal, seperti kata mba Wita, sesungguhnya untuk membesarkan seorang anak dibutuhkan ilmu dan kesabaran yang luas.



Selain itu, menjadi ibu juga memiliki beban moral yang berat. Saat anak kita tumbuh dengan suatu nilai/karakter tertentu. Secara moral, seorang ibu akan merasa bertanggung jawab. Apalagi di masa kini, tuntutan makin berat bagi seorang anak. Bukan saja secara akademis, tapi juga secara sosial, ektra kurikuler dan informasi. Begitu banyak yang harus dilakukan seorang ibu untuk membesarkan anak yang hebat.

Belum lagi harapan dan keinginan antara anak dan orangtua, khususnya Ibu yang seringkali berbeda. Bahkan, betapa sulitnya memahami keinginan anak. Berbagai perbedaan yang terbentang antara orang tua dan anak menjadi jurang yang harus dijembatani. Berbagai usaha yang dilakukan ibu, tidak bersifat matematis karena tidak ada kebenaran mutlak. Metode yang berhasil dipakai saat ini, belum tentu berhasil untuk besok, apalagi lusa.

Menurut mba Wita, seorang Super Mom bukanlah sesuatu yang ideal. Seorang Super Mom, ibu yang serba bisa, biasanya cenderung melakukan segala sesuatu untuk anaknya, sehingga dikhawatirkan bisa mengurangi kemandirian anaknya. Tuntutan lingkungan yang sangat tinggi akan kesempurnaan seorang ibu juga bisa mengurangi rasa percaya diri ibu dalam membesarkan anak-anaknya.

Forum Komunikasi Anak Sebaya bertujuan menjadi wadah komunikasi dan sinergi dari para ibu dengan umur anak yang sebaya. Diharapkan dengan adanya wadah tersebut, bisa menjadi salah satu sumber ilmu dan informasi yang bermanfaat bagi para ibu dalam mengatasi masalah pengasuhan anak sehari-hari. Diharapkan dalam forum ini para ibu bisa saling berdiskusi dan berbagi masalah, ilmu dan solusi.

Forum ini dimotori oleh Mba Wita Hendardijati, seorang psikolog yang selama ini memang telah menjadi tempat bertanya para Ibu di camp Duri. Forum ini telah terbentuk dengan beberapa kelompok ibu yang terbagi sesuai usia anak yang sebaya. Mengapa sebaya? Karena anak yang sebaya cenderung memiliki perkembangan dan masalah yang mirip, terutama untuk anak di bawah umur 5 tahun.

Semoga dengan adanya forum ini, para ibu memiliki tempat yang tepat untuk berbagi ilmu, dan saling membantu memperkuat diri, untuk membesarkan anak-anak yang hebat titipan Allah. Amin.

2 komentar:

Anonim,  12 November 2008 pukul 08.19  

assalamualaikum...
saya tamu ga di undang nih..
terkesan sekali dengan kebersamaan ibu2 chevron..
kalo ga salah di Garut Jabar pun ada Chevron yaaa bu?!

Amin Al Jawi 8 Desember 2008 pukul 22.50  

Hadirilah acara bermanfaat berikut ini, kami tunggu kehadirannya :

Diskusi Buku GEMA INSANI
" Anakku Sahabatku "

Pembicara :
Ifa Avianty (Penulis)
Dra. Sri Rachmawati, S.Psi

Tempat & Waktu :
Aula Gedung GEMA INSANI, Jl. Ir. H. Juanda, Depok
Ahad, 21 Desember 2008, 19.30-12.00
*********************

Informasi Lengkap :
Phone : 021-770 8891 ext.107 (Amin Pranoto)
Website : www.gemainsani.co.id

NB : Tidak dipungut biaya masuk

  © Blogger templates Newspaper III by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP