Hallo Moms..selamat datang di Blog Milis Ibu-Ibu Chevron Duri

Senin, 10 November 2008

Defensive Driving for Moms

Untuk menambah pengetahuan mengenai keselamatan mengemudi, MIICD mengadakan Seminar "Defensive Driving for Moms" yang diselenggarakan pada hari Minggu, 9 November 2008, di Bekasap Conference Room-Old Main Office, Chevron Duri. Seminar ini diberikan oleh Bapak Suyitno yang merupakan instruktur DDC untuk Chevron Employee. Materi dasarnya sama dengan materi yang diberikan kepada pegawai Chevron, tapi penyampaiannya "disederhanakan" dan dibuat fun untuk Ibu-Ibu.








Berikut ini adalah sedikit ulasan mengenai seminar DDC ini. Mengemudi merupakan kegiatan yang tidak boleh digabungkan dengan kegiatan yang lain seperti misalnya berbicara di HP, sedang memikirkan suatu masalah, dll. Artinya mengemudi adalah aktivitas yang memerlukan konsentrasi penuh. Jika memang ada hal yang mengganggu dan mendesak, maka meminggirkan mobil adalah hal yang sangat dianjurkan.

Hal yang perlu disiapkan saat mengemudi adalah :
  • Kesiapan mental kita dalam mengemudi. Dengan mental dan emosi yang siap untuk mengemudi, maka kita dapat mengemudi dengan tenang.
  • Kesiapan kendaraan yaitu posisi tempat duduk, spion, lampu sein, lampu mobil, dan mesin mobil (oli, air radiator, air batere, minyak rem, minya power steering, dan air wiper)

Lima kunci keselamatan dalam mengemudi adalah :

1. Arahkan Pandangan Jauh Kedepan
Dengan mengarahkan pandangan jauh kedepan, kita bisa mengenal kondisi jalan di depan, dengan begitu akan mempermudah kita untuk mengambil keputusan lebih cepat jika ada hal-hal yang tidak diinginkan. Dengan mengarahkan pandangan jauh ke depan, kesiapan kita untuk mecegah hal buruk akan tereksekusi lebih cepat dan lebih baik.

2. Dapatkan Gambaran yang Luas di Sekeliling Kendaraan
Pada saat menyetir mobil, pandangan sebaiknya tidak hanya tertuju ke depan, tetapi juga diarahkan ke sekililing kendaraan (kiri dan kanan). Hal memungkinkan kita lebih siap menghadapi kendaraan lain yang tiba-tiba muncul dari kiri dan kanan.

3. Aktifkan Mata
Jangan membiarkan tatapan kosong dan terpaku pada satu arah, usahakan agar mata bergerak setiap 2 detik untuk melihat kondisi di sekitar kendaraan.

4. Perhatikan Jalan Keluar
Kenali kondisi jalan dan perhatikan area yang bisa memungkinkan menjadi jalan keluar juntuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Menjaga jarak dengan mobil di depan adalah hal yang sangat penting. Jika jalan dalam keadaan macet, ambilah jarak dengan kendaraan di depan yang kira-kira bisa memungkinkan kita melepaskan diri dari kemacetan.

5. Pastikan Orang Lain Melihat Anda
Penyebab utama dari kecelakaan adalah salah satu pihak tidak melihat keberadaan pihak lain. Oleh karena itu, pastikan selalu orang lain melihat anda. Hal ini bisa dilakukan dengan cara membunyikan klakson, mengedipkan lampu dim atau melambaikan tangan.

Kelemahan terbesar Ibu-Ibu dalam menyetir mobil adalah terpecahnya konsentrasi mengemudi dengan permasalahan lain. Adalah hal yang penting sekali untuk "meninggalkan" permasalahan selama mengemudi untuk berkonsetrasi penuh di jalan. Karena jika pikiran kita terpecah antara mengemudi dan memikirkan suatu masalah maka keselamatan mengemudi akan terganggu, lagipula masalah yang dipikirkan pun tidak dapat kita selesaikan saat mengemudi. Konsentrasi mengemudi juga sering terganggu jika pengemudi dalam keadaan terburu-buru karena telat ke tempat tujuan. Untuk hal ini, sangatlah penting mengalihkan pikiran bahwa kita harus sampai dengan selamat, bukan "memburu waktu" yang sebenarnya memang sudah telat.

Dalam seminar ini juga dibahas mengenai mengemudi mundur. Sebenarnya lebih baik jika kita menghindari mengemudi mundur karena resikonya yang besar. Namun jika terpaksa harus memundurkan mobil, maka keselamatan harus benar-benar diperhatikan. Hal-Hal yang menyebabkan kecelakaan mundur antara lain :
- mundur yang tidak diperlukan
- daerah yang tidak terlihat
- bentuk kendaraan yang menyulitkan kita memperkirakan jarak mundur
- jarang mempraktekkan mengemudi mundur
- persiapan mental yang kurang saat memundurkan mobil
- tidak cukup informasi sekitar mobil saat mundur

Tips-tips yang perlu diperhatikan saat memundurkan mobil :
- Arahkan pandangan jauh. Lihat, pikirkan kapan harus memundurkan mobil.
- Perhatikan seluruh area sebelum bergerak, bisa meminta bantuan orang lain atau turun dari mobil.
- Akifkan mata, jangan terlalu terpaku pada satu arah. Lihat depan, samping kanan dan kiri.
- Pastikan jalan keluar/rongga keselamatan.
- Pastikan orang melihat keberadaan kita menggunakan lampu,klakson atau kontak mata.
- Sebelum menggerakkan mobil mundur, bunyikan klakson untuk menghindari orang mendekat di belakang mobil.
- Jangan memaksa mundur jika pandangan terhalang.

Tips-tips mendahului kendaraan lain di depan:
- lihat kondisi jauh ke depan, apakah cukup aman untuk memotong. Perhatikan jarak mobil lawan dari arah depan.
- Hidupkan lampu sein
- Beri sinyal klakson atau lampu dim untuk berkomunikasi dengan pengemudi mobil yang akan kita dahului.
- Jika pengemudi sudah mengetahui keberadaan kita dan keadaan di depan cukup aman, kita bisa mendahului mobil lain dengan hati-hati.

Tips jika terjadi pecah ban:
-Jika ban belakang pecah, segera pijak rem.
-Jika ban depan pecah, kurangi kecepatan dan tetap pegang stir mobil dengan kuat agar arah kendaraan tetap stabil.

Ibu yang membawa anak kecil sangat dianjurkan untuk meletakkan anaknya di car seat/booster yang sesuai dengan usia anak. Jika memungkinkan, bawalah satu orang lagi yang bisa menjaga si kecil saat ibu mengemudi untuk menghindari pecahnya konsentrasi saat si anak meminta sesuatu/ menangis. Jangan pernah meninggalkan anak sendirian dalam mobil, baik dalam keadaan mobil hidup ataupun mati. Karena hal ini sangat membahayakan anak.

Semoga dengan pengetahuan Defensive Driving ini, diharapkan moms yang sehari-harinya tentunya memiliki mobilitas tinggi dan sering mengemudikan mobil, lebih aware dan fokus pada keselamatan mengemudi. Acara Defensivi Driving ini sangat menarik dan kemungkinan akan dilaksanakan secara reguler ke depannya nanti.



2 komentar:

Unknown 30 September 2009 pukul 00.24  
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown 30 September 2009 pukul 00.28  

Dear Mom

gimana caranya bisa mengunjungi / menghubungi komunitas ibu ibu chevron?

Dessi / MNCNetworks ( Women Radio )
0888 9112320

  © Blogger templates Newspaper III by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP