Hallo Moms..selamat datang di Blog Milis Ibu-Ibu Chevron Duri

Kamis, 13 Maret 2008

TiPs Kurangi Stres Anak

Anak bisa dengan mudah menghadapi berbagai perubahan situasi. Sebentar merasa kecewa, tapi kemudian kembali gembira & semangat menghadapi tantangan kehidupan. Berikut sejumlah cara untuk menolong anak mengatasi gejolak emosinya yang dapat memicu stres.

Tips kurangi stres:

1. Jangan paksa
Jangan memaksa anak untuk mencapai suatu target. Misal waktu ujian atau tes disekolah, dia harus mendapat nilai yang baik atau anak harus dpt masuk disekolah unggulan. Hal demikian dapat memicu stres pada anak.

2. Beri contoh
Tunjukan tindakan dimana kita bisa mengatasi stres dalam satu situasi tertentu. Contoh, mobil tidak dapat jalan, kompor rusak pada saat yg bersamaan, tapi kita menunjukkan sikap tetap tenang. Anakpun akan belajar bagaimana harus menyikapi berbagai situasi tanpa rasa panik yg menyebabkan munculnya stres.

3. Punya ritme sendiri
Latih anak jalani waktu dg "santai". Kita mungkin bisa menjalani kehidupan dgn jadwal padat, serba tergesa-gesa. Namun si kecil membutuhkan waktu utk beradaptasi pada berbagai perubahan & ia memerlukan ritme tersendiri.

4. Jangan lupakan
Jangan mengacuhkan anak jika ada masalah atau suatu perubahan di dalam keluarga. Misal, adik bayi akan segera lahir. Berat bagi anak utk membayangkan apa yg akan terjadi. Ia membutuhkan waktu & kesabaran utk bisa memahami hal itu. Sejak jauh hari, siapkan mental anak sehingga ia tidak kaget pada perubahan yg terjadi.

5. Situasi terkendali
Atur agar suasana emosi & suhu dirumah selalu rendah. Jika semua orang dirumah selalu teriak, terburu-buru, jelas saja menciptakan suasana stres. Hal ini membuat jiwa sikecil menjadi stres.

6. Serba cukup
Yakinkan bahwa anak cukup berolahraga, cukup dapat udara segar, cukup punya waktu santai, & cukup tidurnya.

7. Bawa ke ahli
Pada kasus anak yg menghadapi masalah serius, semisal sakit berat, ortunya bercerai, atau salah satu dari orangtua meninggal, diperlukan bantuan ahli & orang dewasa lainnya dalam keluarga yg dapat menolongnya mengatasi perubahan kehidupannya. Jika anak tampak sangat depresi atau ada gejala yg sangat mengkhawatirkan lbh dari satu bulan lamanya sebaiknya segera cari ahli.

8. Waktu santai
Beri waktu cukup bagi anak utk bermain & bersantai. Atur waktunya sedemikian rupa sehingga ada saat untuk belajar, bikin peer, nonton tv, main dg teman dan lainnya. Jadwal yg baik dan teratur membuat anak tak diburu-buru waktu sehingga membuatnya capek & stres.

Beberapa tips ini dikutip dari tabloid Nova, edisi no. 998/XX/2007.

0 komentar:

  © Blogger templates Newspaper III by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP